5 Alasan Artikel Blog Kembali Tidak Terindex Google

5 Alasan Artikel Blog Kembali Tidak Terindex Google - Google merupakan mesin pencari yang paling terkenal dan sumber terbesar datangnya visitor / pengunjung setiap blog, karena Google hampir menyediakan semua informasi yang dibutuhkan oleh setiap manusia, dan blog kita bagaikan tempat mendapatkan informasi yang dibutuhkan setiap pemilik masalah.

artikel

Setiap webmaster selalu menginginkan setiap konten yang ditulis dapat secara cepat diindex oleh raja search engine ini, karena dapat sebagai parameter seberapa cinta Google kepada blog kita. Google adalah sumber pembaca terbesar setiap blog, dari itu setiap webmaster berlomba lomba untuk mendapatkan peringkat tertinggi dalam hasil pencarian Google (Search Engine Result Page).

Alangkah terkejutnya jika kita menemui sebuah kasus dimana lama waktu pengindex-an konten tidak seperti biasanya yaitu cukup lama. Dengan permasalahan tersebut tentu mental akan turun dan secara tidak disadari diri kita panik serta pusing.

Setiap kejadian tentu pasti ada alasannya, mungkin saja alasan yang akan saya ulas ini dapat menjadi alasan yang tepat mengapa artikel blog tidak terindex secara cepat.

Berikut ulasan :

write-skill

Alasan #1 - Backlink.

Backlink dapat diibaratkan makanan yang wajib dipenuhi dalam sebuah blog, backlink membangun jalan bagi robot crawler dalam proses meng-crawler blog kita. Kekurangan maupun kelebihan backlink dapat menjadi faktor artikel tidak terindex dengan cepat. Pencarian backlink yang berkualitas rendah dan terlalu berlebihan juga dapat mengakibatkan tulisan kita tidak pantas untuk bersaing di SERP Google.

Pastikan blog sobat mendapatkan backlink yang berkualitas dan tidak berlebihan / over. Google tidak menyukai backlink yang terlalu banyak. Terlalu banyak ditambah tidak berkualitas akan dianggap backlink spam dan tentu blog kita akan mendapatkan sebuah hukuman dari mesin pencari terkenal tersebut. (Sandbox, Dance, De-Index, or Banned/Delete). Kualitas YES, Kuantitas NO. !


Alasan #2 - Kualitas Konten.

Jumlah dan kualitas backlink yang tepat, namun jika tidak diimbangi dengan penulisan konten yang berkualitas sama saja konten kita akan dipandang sebelah mata. Google semakin selektif dalam penempatan peringkat sebuah artikel dalam SERP-nya, karena ingin menjaminnya kepuasan pencari informasi melalui Google.

Adapun syarat syarat konten yang berkualitas adalah kepuasan pembaca terjamin, rapi, dan penulisan dengan dedikasi tinggi. Maka dari itu, jangan menulis dengan asal - asalan karena bisa saja hasil yang akan didapat alakadarnya. Kualitas konten diukur oleh seberapa kita cinta menulis artikel tersebut.

Alasan #3 - Sitemap Tidak Terindex Di Webmaster Google.

Alasan berikutnya yaitu sitemap yang telah kita submit di webmaster Google terindex sedikit ataupun tidak terindex sama sekali. Hal semacam ini juga pernah dialami oleh blog ini, saya-pun kaget dan cukup panik dalam menyelesaikan masalah ini, dan syukur sitemap blog ini sudah terindex kembali oleh Google.

Lalu Bagaimana Cara Saya Menyelesaikan Masalah Ini ?.

  • Pada waktu itu permasalahan saya terletak pada Setelan >> Lainnya >> Umpan Situs >> Izinkan Umpan Blog, kasus saya terletak pada Izinkan Umpan Blog yang saya setel Tak Satupun. Mengetahui artikel tidak terindex dan sitemap ikut ikutan tidak terindex saya langsung menggantinya ke mode Penuh. Dan selang beberapa hari sitemap terindex lagi.
  • Namun permasalahannya belum selesai, terdapat 1 sitemap yang tidak terindex oleh Google alhasil konten terindex tidak secepat biasanya. Setelah berkonsultasi dengan seorang teman yang menyuruh saya untuk re-submit sitemap tersebut, dan esok harinya sitemap kembali normal hingga sampai saat ini.
Alasan #4 - Kesalahan Pengotimalan Robots.txt.

Robots.txt adalah sebuah godaan kepada robot crawler untuk mempercepat pengindex-an tulisan kita. Tapi saya tekankan disini, bagi kalian yang masih newbie / pemula dalam hal Robots.txt sebaiknya pelajari terlebih dahulu karena kesalahan pengoptimalan robots.txt dapat membuat artikel blog sobat tidak terindex. Bukan hanya semua artikelnya, homepage-pun dapat juga tidak terindex Google.

Pengoptimalan Robots.txt disesuaikan dengan kebutuhan kita, maka dari itu pastikan sobat telah mengusai dalam hal semacam kata sandi Robots.txt (Perintah Kepada Robot Crawler).

Alasan #5 - Mempublish Artikel Berlebihan Dalam 1 Hari.

Sama halnya dengan mencari backlink yang banyak direkomendasikan ahli seo bahwa mencari backlink sebaiknya tidak berlebihan / over, dalam dunia mempublish artikelpun juga berlaku demikian.

Alasan kelima ini juga pernah saya alami saat menemukan artikel saya tidak terindex karena membuat artikel baru yang terlalu banyak. Dari itu, buatlah konten dalam jumlah yang wajar maka Google akan memperlakukan blog sobat dengan wajar juga.


Semoga artikel diatas dapat menjadi acuan untuk kita menulis artikel yang berkualitas yang dapat memuaskan pembaca. Menulis konten dengan dedikasi tinggi tidak ada ruginya kok, kita sendiri juga akan mendapatkan untungnya yaitu blog kita dicintai Google dan dicintai Pembaca :)